Home / Berita / Kuliah Tamu Fakultas Pertanian: Gluten Free Product

Kuliah Tamu Fakultas Pertanian: Gluten Free Product

Unidha-Malang. Dalam meningkatan mutu proses belajar mengajar di lingkungan Universitas Wisnuwardhana Malang yang merupakan prioritas utama dalam rangka mengemban amanat Tri Dharma perguruan tinggi, Fakultas Pertanian Universitas Wisnuwardhana Malang mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Gluten Free Product” pada 16 Januari 2016 di aula gedung F Universitas Wisnuwardhana Malang.

Dalam kegiatan tersebut,  menghadirkan narasumber dari Universitas Maejo, Chiang Mai, Thailand, Dr. Pavalee Chompoorat. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Suharto, S.Pd., M.M., (Pembantu Rektor 1 Universitas Wisnuwardhana), dosen serta mahasiswa Fakultas Pertanian. Tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan global tentang gluten free products dan membekali mahasiswa untuk dapat bersaing di level internasional.

Dalam kesempatan ini, Dr. Pavalee Chompoorat menjelaskan bahwa Negara Thailand merupakan Negara yang maju dibidang pertanian. Hal tersebut disebabkan oleh kepedulian raja Thailand Bhumibol Adulyadej di sektor pertaniaan. Sehingga beliau berinisiatif mencanangkan mega proyek yang bernama Royal Project Foundation dari Thailand pada tahun 1989. Proyek ini adalah pertama di dunia yang mengganti tanaman ilegal (ganja, marijuana, morfhin) diganti dengan tanaman yang bermanfaat. Salah satunya adalah kelengkeng Thailand (longan). Tanaman tersebut di Indonesia sangat banyak. Akan tetapi kualitas buah kelengkeng di Indonesia masih kalan dengan buah kelengkeng dari Thailand.

Dr. pavale menambahkan bahwa teknologilah yang mampu meningkatkan kualitas kelengkeng menjadi segar dan bertahan lama. Teknologi yang dugunakan adalah pengembangan melalui teknologi fumigasi dengan menggunakan sulfur dioksida. Gunanya adalah untuk mengontrol pertumbuhan mikrobia dan menjaga kulit dari pencoklatan. Disamping itu, beliau juga menerangkan tentang gluten in product dimana gluten ini berguna untuk menghindari bebebrapa penyakit seperti alergi, gangguan percernakan dan gluten intolerance.

Sebagai penutup materi beliau memberi motivasi kepada peserta untuk bias bersaing di tingkat nasional maupun internasional harus pro aktif dan membuat data diri yang sempurna sesuai dengan keahlian baik yang berupa softskill maupun hardskill.

“Kegiatan kuliah tamu di Unidha ini akan terus kami agendakan, khususnya kuliah tamu yang mendatangkan narasumber dari luar negeri. Karena akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Wisnuwardhana Malang” Kata Dr. Suharto, S.Pd., M.M Pembantu Rektor II Unidha Malang. (ron-red)

_MG_9205